5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Siswa Menjelang Ujian


1. Menjejalkan terlalu banyak informasi pada otak


Ada mata pelajaran yang menuntut kamu untuk menghafal, misalnya IPS dan IPA. Dan kamu pun telah menghafal setiap kata yang tercantum di buku teori. Setiap kata! Hebat nggak tuh? Eh begitu duduk di ruang ujian menghadapi soal, kok bisa-bisanya mendadak kamu lupa semua teori yang telah kamu hafal mati-matian itu. Bagaimana mungkin?
Jika kamu termasuk jenis siswa yang suka menghafal mati pelajaran sampai ke kata demi kata bahkan titik dan koma, berhentilah melakukannya sekarang juga! Sayang sekali, rata-rata otak manusia hanya sanggup menyerap 10% sampai 20% dari keseluruhan informasi yang dibacanya. Lebih sayangnya lagi, kita tak bisa mengontrol informasi apa saja yang akan nyangkut ke otak.
Jadi ketimbang berusaha keras menghafal kata per kata dalam buku, lebih baik kamu berkonsentrasi memahami isi buku. Jika kamu paham setiap topik dalam buku, buat apa kamu mengahafal setiap kata? Kamu kan bisa dan boleh menjelaskan kembali topik-topik itu dengan bahasa kamu sendiri –sepanjang tidak melenceng dari isi
Kamu juga bisa menggunakan teknik-teknik berikut ini guna meningkatkan pemahaman kamu terhadap topik-topik yang telah kamu baca. Teknik-teknik ini juga bermanfaat untuk menambah jumlah informasi yang bisa diingat oleh otak:
a. Berpartisipasilah secara aktif di ruang kelas setiap kali guru mendiskusikan topik pelajaran. Jangan segan menjawab dan bertanya.
b. Diskusikan topik pelajaran dengan teman-teman.
c. Bacalah buku atau bab lain yang berhubungan dengan topik yang akan diujikan.
d. Tontonlah video atau CD yang berhubungan dengan topik yang akan diujikan.
e. Dengarkanlah kaset yang berhubungan dengan topik yang akan diujikan.

Teknik-teknik itu manjur karena otak bisa mengingat lebih baik apa yang kita tuturkan (dengan mulut) dan kita lihat (dengan mata) ketimbang hanya apa yang kita baca, tanpa suara pula!

2. Terserang panik sebelum dan selama ujian


Apakah kamu cemas kamu akan kekurangan waktu untuk mejawab semua soal ujian, bahkan sebelum hari ujian tiba? Apakah kamu benar-benar takut kamu tak akan bisa menjawab soal-soal ujian, bahkan sebukan sebelum ujian berlangsung? Apakah detak jantung kamu meningkat tajam ketika kamu memasuki ruang ujian dan tangan kamu berkeringat ketika kamu menerima kertas ujian? Apakah kamu mendadak tidak berdaya menyadari ada beberapa soal yang tidak bisa kamu jawab sama sekali?
Jangan lupa untuk terus menenangkan diri kamu menjelang ujian. Di bawah ini ada sejumlah trik untuk mengurangi atau menghilangkan kecemasan dan kepanikan:

a. Jernihkan semua keraguan dan ketidakjelasan mengenai topik pelajaran. Tanyakan pada guru setuntas-tuntasnya. Dengan demikian kamu tidak perlu masuk ruang ujian dengan sisa-sisa keraguan mengenai topik pelajaran tertentu.
b. Jangan belajar setiap saat. Sibukkan diri kamu dengan pekerjaan rumah sehari-hari agar pikiran kamu tidak hanya berkutat pada ujian dan ujian saja.
c. Tidurlah dengan cukup pada malam sebelum ujian.
d. Yakinkan diri kamu bahwa kamu bisa menyelesaikan soal. Jika kamu berhenti meragukan diri sendiri, kamu akan berhenti panik.

3. Datang terlambat. Oh no!


Kebanyakan siswa tepat waktu, terlebih dalam kesempatan penting, seperti ujian. Tapi ada saja siswa yang punya kebiasaan datang terlambat tuh. Bahkan jika kamu orang yang nggak pernah ngaret, ada juga saat saat apes di luar kendali kamu yang membuat kamu tiba terlambat. Misalnya ada tabrakan di tengah jalan atau hujan lebat membuat jalanan banjir.
Dalam setiap ujian selalu saja ada segelintir siswa yang terlambat hadir, sebagian pengawas ujian memperbolehkan mereka ikut tes, sebagian lagi tidak mengenal belas kasihan tuh. Bahkan bila pengawas berbaik hati mengijinkan siswa yang terlambat untuk ikut ujian, mereka tetap saja merugi lantaran kehilangan sekian menit waktu untuk menyelesaikan soal. Nelum lagi kalau nafas mereka masih tersengal-sengal lantaran berlari-lari mengejar waktu.
Apa yang bisa kamu lakukan untuk menghindari datang terlambat untuk ujian? Berangkatlah pagi-pagi sekali. Luangkan waktu selapang mungkin agar kamu tidak terkena macet di perjalanan atau tidak dapat angkutan umum. Tibalah paling tidak setengah jam sebelum lonceng ujian berdentang. Gunakanlah kelebihan waktu untuk mengenal tempat ujian. Cari tahu, misalnya, di mana letak toilet.

4. Lupa mengecek jawaban


Jika kamu telah selesai mengerjakan soal 30 menit sebelum ujian berakhir, apakah kamu:

a. Melihat sekeliling ruangan dan mencibir pada siswa lain yang masih berkutat dengan soal?
b. Duduk bersandar dengan santai?
c. Bertanaya pada pengawas apakah kamu boleh meninggalkan ruangan terlebih dulu?
d. Berharap agar waktu berjalan cepat sehingga kamu bisa segera pulang?

e. Mengecek jawaban kamu?
Jika kamu selalu mengecek jawaban begitu menyelesaikan soal, kamu adalah siswa yang cerdik. Jika tidak, kamu harus mulai membiasakan diri melakukannya. Banyak siswa yang tidak sadar bahwa dalam keadaan terburu-buru mengerjakan soal, mereka suka secara sengaja:

a. Menjawab pertanyaan dengan keliru
b. Meninggalkan pertanyaan tanpa jawaban
c. Lupa mengisi ulang setelah sebelumnya kamu menghapus jawaban yang keliru.

Usahakanlah untuk menyelesaikan seluruh soal 10-15 menit sebelum ujian berakhir. Manfaatkan waktu yang tersisa untuk memeriksa secara menyeluruh lembar jawaban sebanyak dua kali. Kamu pasti kaget menemukan 2 atau 3 soal yang lupa kamu isi atau kamu isi keliru. Koreksi jawaban dengan sebenar-benarnya.

5. Lupa menuliskan nama dan data-data yang lainnya


Kamu telah menyerahkan lembar jawaban dan pengawas telah berkemas-kemas meninggalkan ruang ujian. Mendadak kamu sadar bahwa kamu belum menuliskan nama, kelas, dan nomor ujian kamu! Jika beruntung, kamu masih sempat menghampiri pengawas dan kamu diperbolehkan mencari lembar jawaban kamu untuk kemudian menuliskan data-data yang diperlukan. Tapi bagaimana jika kamu tidak seberuntung itu? Bagaimana jika kamu baru sadar pada malam harinya?
Satu-satunya cara untuk menghindari problem seperti ini adalah untuk langsung menuliskan data-data pribadi begitu kamu menerima lembar jawaban di meja kamu. Boleh juga kamu menuliskan data-data kamu di setiap halaman lembar jawaban, karena mungkin saja halaman pertama terlepas dari halaman kedua, dan seterusnya.


3 responses to “5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Siswa Menjelang Ujian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: